Spesifikasi Samsung Galaxy S21, S21 Plus, & S21 Ultra.

Sumber Gambar: Tekno.Kompas.com

Akhirnya, Samsung meluncurkan smartphone Galaxy S21 di dunia dalam acara Galaxy Unpacked yang disiarkan secara online, Kamis (14/1/2020). Seperti tahun lalu, Samsung memperkenalkan tiga model yaitu Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra.

Desain bagian belakang ketiga ponsel tampil beda dari sebelumnya dengan rangkaian kamera yang termuat dalam modul baru di pojok kiri atas. Pada varian warna tertentu, modul kamera ini memiliki kelir berbeda dibanding keseluruhan bodi sehingga memberi kesan duo tone untuk desain ponsel.

Trio Galaxy S21 mengusung System-on-Chip Exyos 2100 terbaru dari Samsung. Samsung pastikan SoC terbaru itu lebih kencang hingga 10 persen dan irit daya sekitar 20 persen dibanding chip teratas Exynos sebelumnya.

“Artinya, Galaxy S21 series bisa memproses grafis dan AI lebih maksimal dibanding generasi terdahulu,” ujar Head of Global Brand Marketing Samsung Electronics, Yoonie Park, saat berbicara dalam acara perkenalan lini Galaxy S21.

Di bagian depan, trio Galaxy S1 mengadopsi desain Infinity-O alias layar dengan hiasan lubang kamera di sisi atas. Masing-masing model turut membawa peningkatan spesifikasi dibanding lini Galaxy S20 tahun lalu. Bahkan, Salah satunya turut mendukung stylus S Pen.

Mari kita bahas satu persatu.

Galaxy S21

sumber tekno.kompas.com

Galaxy S21 merupakan varian terkecil di antara model-model lain dalam lini Galaxy S21. Ukuran fisiknya 71,2mm x 161,7mm x 7,9mm dan bobot 172 gram. Diagonal layarnya 6,2 inci (Full HD Plus). Adapun jenis layar yang digunakan adalah Dynamic AMOLED 2x dengan refresh rate 120 hz. Lubang kamera di sisi atas menampung kamera depan beresolusi 10MP. Sensor pemindai sidik jari ultrasonic juga ditanamkan di dalam layar.

Lalu di belakang, ada tiga kamera yang terdiri dari kamera ultra wide 12 MP, kamera wide 12 MP, dan kamera telefoto 64 MP. Samsung Galaxy S21 mengusung System-on-Chip (SoC) Exynos 2100 dengan fabrikasi 5nm.

Samsung Galaxy S21 mengusung SoC Exynos 2100, RAM 8 GB dan dua opsi kapasitas media penyimpanan internal, yaitu 128 GB dan 256 GB. Baterai Galaxy S21 sendiri berkapasitas 4.000 mAh dengan fitur wireless powershare dan pengisi daya cepat kabel dan nirkabel.

Layar Galaxy S21 sudah mengantongi sertifikat IP68 untuk melindungi smartphone dari air. Smartphone itu didukung fitur lain seperti stereo speaker, AKG, dan Samsung DeX. Ada lima warna yang bisa dipilih, yakni Phantom Violet, Phantom Pink, Phantom White, dan Phantom Gray.

Beli di Sini!

Galaxy S21 Plus

sumber tekno.kompas.com

Samsung Galaxy S21 Plus memiliki dimensi sedikit lebih besar dibanding Galaxy S21 yaitu dimensi 75,6mm x 161,5mm x7,8mm dan berat 202 gram.

Samsung Galaxy S21 Plus memiliki layar Dynamic AMOLED 2X 6,7 inci dengan resolusi full HD Plus dan refresh rate 120 Hz. Di luar ukuran fisik, Galaxy S21 Plus memiliki spesifikasi yang mirip seperti Galaxy S21 reguler.

Kamera depan, misalnya, sama-sama beresolusi 10MP. Begitu pula dengan spesifikasi kamera belakang, terdiri dari kamera ultra wide 12MP, wide 12MP, dan telefoto 64MP.

Galaxy S21 pun diotaki Exynos 2100 yang dipadu dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB atau 256 GB. Baterai Galaxy S21 Plus lebih besar dengan kapasitas 4.800 mAh yang juga didukung dengan fitur wireless powershare dan pengisi daya cepat, baik kabel maupun nirkabel.

Berbeda dengan Galaxy S21, versi Plus dibekali fitur ultra wideband (UWB) untuk transmisi data wireless dan juga mengantongi sertifikat IP68. Fitur pendukung lainnya adalah stereo speaker, AKG, pemindai sidik jari ultrasonic, dan Samsung DeX. Ada tiga varian warna yang tersedia yakni Phantom Black, Phantom Violet, dan Phantom Silver

Beli di Sini!

Galaxy S21 Ultra

sumber cdn-2.tstatic.net

Model ini menduduki posisi tertinggi di lini Galaxy S21. Galaxy S21 Ultra memiliki ukuran fisik terbesar dengan dimensi 75,6mm x 161,5mm x 8,9mm dan bobot 228 gram. Uniknya, Galaxy 21 Ultra resmi mendukung stylus S Pen yang selama ini hanya ada di lini Galaxy Note dan beberapa model Galaxy Tab. Ini adalah pertama kalinya S Pen bisa digunakan di lini Galaxy S.

“Untuk pertama kalinya kami memperkenalkan S series yang kompatibel dengan S Pen,” kata Charlie McCarren, Global Corporate Strategy dalam acara peluncuran.

S Pen hanya bisa digunakan di Galaxy S21 Ultra. Stylus tersebut tidak didukung di Galaxy S21 Plus maupun Galaxy S21 versi reguler. Ada dua S Pen independen yang diperkenalkan, yakni S Pen dan S Pen Pro.

S Pen yang kompatibel dengan Gaalxy S21 Ultra, berukuran lebih kecil. Sementara S Pen Pro memiliki ukuran yang lebih besar serta sudah dilengkapi dengan kemampuan Air Action.

S Pen reguler akan dijual bersamaan dengan Galaxy S21 Ultra dan untuk S Pen Pro akan dijual menyusul. Namun, S Pen tidak masuk dalam paket penjualan. S Pen dijual secara terpisah bersama dengan back cover.

Sebab, di bodi Galaxy S21 Ultra tidak ada kompartemen untuk menyimpan S Pen layaknya Galaxy Note. Kemampuan S Pen di Galaxy S21 Ultra pun lebih terbatas dibanding S Pen di Galaxy Note sebab belum mendukung bluetooth low energy (BLE). S Pen di Galaxy S 21 Ultra baru bisa digunakan untuk menulis, belum mampu dipakai untuk fitur lain seperti Air Action atau memotret dari jarak jauh.

Namun, Samsung mengatakan akan meningkatkan kemampuan S Pen di Galaxy S21 Ultra ke depannya. Selanjutnya, Galaxy S21 Ultra dibekali layar Dynamic AMOLED 2X berbentang 6,8 inci.

Berbeda dengan dua “saudaranya”, layar Galaxy S21 Ultra beresolusi WQHD Plus dan didukung refresh rate 120 Hz. Sektor kameranya juga berbeda dari dua “saudaranya itu”. Ada empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama (wide) 108 MP, kamera ultra wide 12MP, kamera telefoto 3x 10 MP, dan kamera telefoto 10x 10 MP. Galaxy S21 Ultra mendukung pembesaran gambar secara digital (Space Zoom) hingga 100x.

Kamera depan Galaxy S21 Ultra pun memiliki resolusi yang lebih tinggi, yakni 40MP. Kendati sama-sama ditenagai Exynos 2100, kapasitas memori Galaxy S21 Ultra lebih besar dari Galaxy S21 dan S21 Plus.

Ada dua opsi RAM, yakni 12 GB dan 16 GB, serta tiga opsi memori internal 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Kapasitas baterainya juga paling besar dari dua model lain, yakni 5.000 mAh yang didukung dengan fitur wireless powershare serta pengisi daya cepat kabel dan nirkabel. Fitur lain yang hadir di Galaxy S21 Ultra adalah UWB, konektivitas WiFi 6E, IP68, Stereo Speakers AKG, Samsung DeX.

Ponsel ini juga memiliki fitur keamanan pemindai sidik jari ultrasonic. Ada dua warna yang tersedia, yakni Phantom Silver dan Phantom Black. Baik Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, maupun Galaxy S21 Ultra sama-sama menjalankan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka One UI 3.0. Ketiganya juga tak memiliki laci kartu memori microSD untuk ekspansi storage, serta tidak menyertakan charger dan earphone dalam kotak kemasan.

Beli di Sini!

 

Source: infokomputer.grid.id

Main Menu